EVALUASI KINERJA GURU SMA YANG BERSERTIFIKAT PROFESIONAL DI KABUPATEN HALMAHERA BARAT

Donal Hallo, Sudji Munadi

Abstract


Kesenjangan kualitas pembelajaran pada SMA di Kabupaten Halmahera Barat menjadi pekerjaan rumah besar dari pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Barat. Kualitas pembelajaran terkait sangat erat dengan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kinerja guru SMA yang bersertifikat profesional di Kabupaten Halmahera Barat dilihat dari tugasnya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penilai/evaluator, dan pengembangan profesi guru. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Evaluasi yang digunakan adalah Model Evaluasi Kesenjangan. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan konstruk. Reliabilitas yang digunakan adalah metode Cronbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru SMA yang bersertifikat profesional di Kabupaten Halmahera Barat berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif sudah cukup sesuai dengan standar kinerja guru. Hasil wawancara penelitian dengan berbagai pihak sebagian mengatakan bahwa kinerja guru SMA yang bersertifikat profesional di Kabupaten Halmahera Barat sudah baik, sedangkan sebagian lagi mengatakan belum baik.

Keywords


kinerja guru; sertifikat profesional; sertifikasi guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats