EVALUASI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA

Rani Widiowati, Trie Hartiti Retnowati

Abstract


Tujuan evaluasi ini adalah mendeskripsikan mengenai implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta dibandingkan meliputi aspek; (a) pengembangan diri, (b) pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan (c) budaya sekolah dan selanjutnya dibandingkan dengan kriteria keberhasilan evaluasi. Evaluasi ini merupakan evaluasi kebijakan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan atau Discrepancy Model. Subjek dalam evaluasi terdiri atas guru dan siswa, penarikan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Variabel dalam penelitian ini meliputi pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam evaluasi ini adalah kuesioner dengan lembar kuesioner peserta didik, telaah dokumen silabus dan RPP dengan lembar telaah, dan observasi dengan lembar observasi. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, Implementasi pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori baik dengan skor sebesar 2,94. Kedua, pengembangan diri dalam implementasi pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor sebesar 3,12. Ketiga, pengintegrasian dalam mata pelajaran dalam implementasi pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor sebesar 3,06. Keempat, budaya sekolah dalam implementasi pengembangan pendidikan karakter di SMA Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor sebesar 2,77. Kata kunci: evaluasi, implementasi kebijakan, pendidikan karakter.IMPLEMENTATION EVALUATION OF CHARACTER EDUCATION IN SMA YOGYAKARTA
Abstract
The purpose of this study is to describe on the implementation of character education in SMA Yogyakarta with the covering aspects: (a) self-development, (b) the integration of subjects, and (c) the school culture and then compared with evaluation criteria. This evaluation is an evaluation policy with quantitative descriptive approach, Evaluation model used is a model of evaluation gaps or Discrepancy Model. The subjects in the evaluation were teachers and students, and the sampling is done Proportional Random Sampling using Slovin formula. The variables in this study include self-development, integration of subjects, and the school culture. Techniques and instruments used in this evaluation were a questionnaire with a questionnaire learners, syllabusdocument review and lesson plans with study sheets, and observation by observation sheets. The evaluation results can be concluded as follows. The first, implementation of character education development in SMA Yogyakarta included in good category with a score of 2.94. Second, the development in the implementation of character education development in SMA Yogyakarta included in good category with the acquisition of a score of 3.12. Third, the integration of the subjects in the implementation of character education development in SMA Yogyakarta included in good category with the acquisition of a score of 3.06. Fourth, the school culture in the implementation of character education development in SMA Yogyakarta included in good category with the acquisition of a score of 2.77.
Keywords: evaluation, policy implementation, character education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats