PENGEMBANGAN APLIKASI KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN

Aditia Pramudia Sunandar, Triatmanto Triatmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keanekaragaman Arthropoda yang dijumpai di GAP Nglanggeran untuk materi pengembangan aplikasi Arthropoda sebagai media pengayaan materi keanekaragaman hayati peserta didik tingkat SMA, dan (2) mengetahui kualitas aplikasi keanekaragaman Arthropoda berdasarkan berbagai aspek sesuai penilaian ahli materi, ahli media, guru biologi, dan tanggapan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah metode survei untuk penelitian biologi dan research dan development untuk penelitian pendidikan dengan model ADDIE dibatasi pada ADD (Analysis, Design, dan Development). Subjek dari penelitian ini adalah dua ahli materi, dua ahli media, dua guru biologi, dan 34 peserta didik kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 2 Playen. Hasil penelitian biologi menunjukkan bahwa di Kawasan GAP Nglanggeran dijumpai 5 kelas Arthropoda, 18 ordo, dan 71 famili. Potensi keanekaragaman Arthropoda dikembangkan sebagai sumber materi pengayaan pada kompetensi dasar keanekaragamam hayati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria yang disusun dan dinilai oleh ahli serta praktisi. Segala perbaikan telah diverifikasi melalui sumber yang kredibel dan valid. Sehingga kriteria telah terpenuhi dan prototipe aplikasi keanekaragaman Arthropoda telah memenuhi penilaian dan layak digunakan sebagai media pengayaan keanekaragaman hayati.

Keywords


aplikasi, arthropoda, nglanggeran, keanekaragaman, pengayaan

Full Text:

PDF

References


Agra, G. et al. (2019) ‘Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel ’ s Theory’, Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), pp. 248–255.

Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R. (2001) A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing : A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman Inc.

Arifuddin, M. and Bahri, A. (2019) ‘Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi M-Learning Berbasis Android pada Materi Jaringan Hewan’, Jurnal Biology Teaching and learning, 2(1), pp. 34–39.

Aripin, I. (2018) ‘Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi’, Jurnal Bio Educatio, 3(April), pp. 1–9.

Boholano, H. B. (2017) ‘Smart Social Networking: 21st Century Teaching and Learning Skills’, Research in Pedagogy, 7(1), pp. 21–29.

Culliney, T. W. (2013) ‘Role of Arthropods in Maintaining Soil Fertility’, agriculture, 3, pp. 629–659.

Culliney, T. W. (2016) ‘Role of Arthropods in Maintaining Soil Fertility’, agriculture, (September).

Derevenskaia, O. (2014) ‘Active Learning Methods in Environmental Education of Students’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 131, pp. 101–104.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (2017) Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI.

Fanini, L., Plaiti, W. and Papageorgiou, N. (2019) ‘Environtmental Education : Constraints and Potential as Seen by Sandy Beach’, Estuarine, Coastal and Shelf Science. Elsevier, 218(9), pp. 173–178.

Firmanila, F. Z., Isnawati and Faizah, U. (2014) ‘Pengembangan Buku Pengayaan Echinodermata Berstrategi PQ4R’, Jurnal BioEdu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(3), pp. 616–620.

Handayani, T. and Sugiarti, P. (2012) ‘Keanekaragaman jenis tumbuhan paku di kawasan gunung api purba nglanggeran sebagai sumber belajar biologi sma kelas x materi keanekaragaman hayati’, in Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan. Yogyakarta, pp. 683–692.

Hendrival, Hakim, L. and Halimuddin (2017) ‘Komposisi Keanekaragaman Arthropoda Predator pada Agroekosistem Padi’, Floratek, 12(1), pp. 21–33.

Horn, G. Van et al. (2018) ‘The iNaturalist Species Classification and Detection Dataset’, in Proceedings of the IEEE Conference on Computer Vision and Pattern Recognition (CVPR). Computer Vision Foundation.

Huang, Y. et al. (2011) ‘Computers & Education The design and implementation of a meaningful learning-based evaluation method for ubiquitous learning’, Computers & Education. Elsevier Ltd, 57(4), pp. 2291–2302.

Ibrahim, M. and Pantiwati, Y. (2019) ‘Buku pengayaan dan remedi biologi sma’.

Kemendikbud (2018) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kismiati, D. A. (2020) ‘Pengembangan e-Modul Pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri sebagai Sumber Belajar Biologi’, Jurnal Bioeducation, 7(2), pp. 29–36.

Kocakoyun, Ş. (2017) ‘Developing of Android Mobile Application Using Java and Eclipse: An Application’, International Journal of Electronics, Mechanical and Mechatronics Engineering, 7(1), pp. 1335–1354.

Lestari, P. (2020) Pengembangan e-Modul Berbasis Android Keanekaragaman Capung Kawasan Air Terjun Sri Gethuk Sebagai Bahan Ajar pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Moro, H. K. E. P. et al. (2015) ‘Inventarisasi Arthropoda Tanah di Gunung Api Purba Nglanggeran’, Biowallacea, 1(1), pp. 1–6.

Moro, H. K. E. P. et al. (2016) ‘Laju Dekomposisi Serasah Daun di Lantai Hutan Gunung Api Purba Nglanggeran’, (August).

Muyaroah, S. and Fajartia, M. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi’, 6(2301), pp. 79–83.

Nurrohman, E., Rahardjanto, A. and Wahyuni, S. (2015) ‘Keanekaragaman Makrofauna Tanah di Kawasan Perkebunan Cokelat (Theobroma cacao L.) sebagai Bioindikator Kesuburan Tanah dan Sumber Belajar Biologi’, Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), pp. 197–208.

OECD (2014) OECD Work On Biodiversity and Ecosystems. Paris: The Organization for Economic Co-operation and Development.

OECD (2015) PISA 2015 : Draft Science Framework. New York: OECD Printing Office.

OECD (2018) The Future of Education and Skills Education 2030. Paris: Directorate for Education and Skills.

OECD (2020) Digital Transformation in the Age of Covid-19: Building Resilience and Bridging Divides, Digital Economy Outlook 2020 Supplement. Paris.

Rohmatan, N. F. (2016) ‘Pengembangan Permainan Ular Tangga sebagai Media Pengayaan pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan di SMK Negeri Mojoagung’, Jurnal Pendidikan Akuntansi, 04(03), pp. 1–6.

Salim, I. (2020) Penyusunan Aplikasi Panduan Identifikasi Spesies Capung di Kawasan Desa Wisata Jatimulyo Kulon Progo untuk Kegiatan Studi Lapangan dan Edutourism. Universitas Negeri Yogyakarta.

Salsabila, N. and Nurjayadi, M. (2019) ‘Pengembangan Modul Elektronik (e-Module) Kimia Berbasis Kontekstual sebagai Media Pengayaan pada Materi Kimia Unsur’, Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(2), pp. 103–111.

Santika, R. F. and Susandarini, R. (2020) ‘Species Diversity and Potential Utilization of Moraceae in Nglanggeran Ancient Volcano , Gunungkidul Regency , Yogyakarta’, 05(03), pp. 3–8.

Santos, J. C. and Fernandes, G. W. (2021) Measuring Arthropod Biodiversity : A Handbook of Sampling Methods. Cham: Springer.

Scott, C. L. (2015) The Futures of Learning 2 : What Kind of Learning for The 21st Century?, UNESCO Education Research and Foresight. 14. Paris.

Soviana, N. N. et al. (2020) ‘“Gunung Api Purba Nglanggeran” Welcomes UNESCO Global Geopark Reassessment in 2019’, in IOP Conference Series : Earth and Environtmental Science.

Sunandar, A. P. et al. (2021) ‘Diversity and Distribution of Macroarthropods in the Nglanggeran Ancient Volcano, Gunungkidul,Special Region of Yogyakarta’, in International Conference on Life Science and Technology. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suterisni, M., Karyadi, B. and Winarni, E. W. (2018) ‘Studi Keanekaragaman Arthropoda Tanah di Area Konservasi Kura-Kura Manouria emys Universitas Bengkulu dan Pengembangan Pembelajaran Siswa SMA’, Indonesian Journal of Science Education, 2(1), pp. 106–112.

Symeonidis, V. and Schwarz, J. F. (2016) ‘Vasileios Symeonidis Phenomenon-Based Teaching and Learning through the Pedagogical Lenses of Phenomenology : The Recent Curriculum Reform in Finland’, Forum Oświatowe, 28(2), pp. 31–47.

Yatno, Pasaru, F. and Wahid, A. (2013) ‘Keanekaragaman Arthropoda pada Pertanaman Kakao (Theobroma cacao L.) di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi’, Agrotekbis, 1(5), pp. 421–428.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.18258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.