PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS VII DEVELOPMENT OF SCIENCE STUDENT WORKSHEET BASED ON PROJECT BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE COLLABORATION AND COMMUNICATION SKILLS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT

Kartika Arum Sari, Zuhdan Kun Prasetyo, Widodo Setiyo Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan LKPD IPA berbasis model project based learning yang layak untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas VII; (2) mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik yang belajar dengan LKPD IPA; (3) mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik yang belajar dengan LKPD IPA; (4) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD IPA yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen yang dipakai dalam penelitian adalah lembar validasi LKPD IPA, angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket penilaian diri keterampilan kolaborasi, angket penilaian antarteman keterampilan kolaborasi, lembar observasi keterampilan kolaborasi, dan lembar observasi keterampilan komunikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk data hasil validasi LKPD dan angket respon peserta didik. Analisis kuantitatif untuk menentukan peningkatan keterampilan kolaborasi dari hasil lembar observasi; penilaian diri; dan penilaian antarteman, peningkatan keterampilan komunikasi dari hasil lembar observasi yang keduanya dilakukan dengan perhitungan persentase; gain score; dan uji U Mann-Whitney, dan menentukan persentase keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD IPA yang dihasilkan telah layak untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas VII; (2) peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik berkategori sedang sebesar 31,54 % dari “cukup” menjadi “baik” dengan perbedaan skor sebelum dan sesudah menggunakan LKPD yaitu signifikan dengan nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,000; (3) peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik berkategori sedang sebesar 47,96 % dari “kurang” menjadi “baik” dengan perbedaan skor sebelum dan sesudah menggunakan LKPD yaitu signifikan, nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,000; (4) LKPD IPA mendapat respon dari peserta didik dengan kategori sangat baik (A).

Kata kunci: keterampilan kolaborasi, keterampilan komunikasi, LKPD IPA, project based learning

This research aims to (1) produce a reasonable science student worksheet to improve collaboration and communication skills of junior high school student, (2) determine student’s collaboration skills training by studying the worksheet, (3) determine student’s communication skils training by studying the worksheet, (4) determine student’s response after using the worksheet. This research is R & D with 4 D models (Define, Design, Develop, and Disseminate). The instruments used in this research consisted of validation form of science student worksheet, student’s response questionnaire form, form of learning process with project based learning model, self-assesment of collaboration skills, peer-assesment of collaboration skills, observation sheet of collaboration skills, and observation sheet of communication skills. The data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. Qualitative analysis for data of worksheet’s validation and students’s respon. Quantitative analysis for collaboration skills training of self-assesment; peer-assesment; and observation sheet data and communication skills training of observation sheet data that for both of them by percentage calculation - gain score calculation - U Mann Whitney, and for percentage of learning process. The result showed that (1) the worksheet that has produced was reasonable to improve collaboration and communication skills of junior high school student ; (2) student’s collaboration skills training have moderate categories, it is 31,54% from “enough” to be “good” with significantly difference before and after using the worksheet score, by signification value (Sig.) was 0,000; (3) student’s communication skills training have moderate categories, it is 47,96% from “less” to be “good” with significantly difference before and after using the worksheet score, by signification value (Sig.) was 0,000; (4) the worksheet got the student’s response with very well categories (A).

Keywords: collaboration skills, communication skills, project based learning, science student worksheet


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.