PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MORAL UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMP

Kumalasari Diah Ayu Pebrianti, Sabar Nurohman, Purwanti Widhy Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan LKPD IPA berbasis inkuiri terbimbing yang mengintegrasikan nilai-nilai moral yang layak digunakan untuk mengembangkan keterampilan proses dan keterampilan sosial berdasarkan kriteria kualitas LKPD yang baik oleh validator, 2) mengetahui potensi LKPD IPA untuk mengembangkan keterampilan proses peserta didik, 3) mengetahui potensi LKPD IPA untuk mengembangkan keterampilan sosial peserta didik, dan 4) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development) yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah 24 anak kelas VIII D SMP N 2 Tempel. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi LKPD IPA, lembar observasi keterampilan proses dan keterampilan sosial, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA. Teknik analisis yang digunakan antara lain rerata skor untuk mencari skor aktual, konversi skor menjadi nilai skala lima, serta perhitungan persentase penguasaan kemampuan. Hasil penelitian ini adalah 1) LKPD IPA hasil pengembangan dinyatakan layak oleh validator dengan rerata skor 69,3 dengan nilai A yang termasuk dalam kategori sangat baik, 2) LKPD IPA yang dikembangkan berpotensi untuk mengembangkan keterampilan proses peserta didik, 3) LKPD IPA yang dikembangkan berpotensi untuk mengembangkan keterampilan sosial peserta didik, dan 4) hasil rerata skor respon peserta didik terhadap LKPD IPA yang dikembangkan yaitu 102,7 dengan nilai A yang termasuk kategori sangat baik.

Kata kunci: LKPD, IPA, inkuiri terbimbing, nilai-nilai moral, keterampilan proses, keterampilan sosial.

Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.