PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA “PENGANGKUTAN AIR DAN MINERAL PADA TUMBUHAN” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VIII DEVELOPING OF SCIENCE MODULE BY USING GUIDED INQUIRY APPROACH IN THEME "TRANSPORT OF WATER AND MINERALS IN THE PLANT" TO INCREASE THE CRITICAL THINKING ABILITY OF VIIITH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Rosda Laila Fitriana, Insih Wilujeng, Asri Widowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran IPA dengan tema “Pengangkutan Air dan Mineral pada Tumbuhan” yang dihasilkan ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian materi, bahasa dan gambar, serta kegrafisan, dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan modul IPA yang dikembangkan. Penelitian pengembangan modul IPA ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian 4-D dan dibatasai pada tahap define, design,dan develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi modul IPA, lembar observasi kemampuan berpikir kritis dan soal pretest-posttest berpikir kritis. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul hasil pengembangan dinyatakan layak oleh validator dengan nilai A dan kategori sangat baik, dan (2) modul IPA yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampun berpikir kritis siswa dengan perolehan gain score 0,59 dan termasuk kategori sedang.

Kata Kunci: modul, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis.

This research aims (1) to determine the feasibility of science learning module in the theme "Transport of Water and Mineral in the Plants" generated in terms of feasibility aspects of content, material presentation, language and images, and graphics, and (2) to determine the improvement of student’s critical thinking ability after learning by using science learning module. This development of science module research was uses the Research and Development (R&D) which adapt 4-D model and limited to define, design, and develop stages. The instruments in this research were validation sheet of science module, observation sheet of critical thingking ability and critical thinking pretest-posttest tasks. Data analysis was descriptive analysis by quantitatif and qualitatif. The results of this research were (1) module was feasible according to the validators with A score and very good category, and (2) module could improve the student’s critical thinking ability with 0.59 point of gain score in medium category.

Keywords: modul, guided inquiry, critical thinking ability


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.