PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Helda Arina Simatupang, Eko widodo, susilowati susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasikan media pop-up yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik berdasarkan kriteria kualitas media pembelajaran yang baik, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pop-up yang dikembangkan, (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar perserta didik setelah menggunakan media pop-up, dan (4) mengetahui peningkatan hasil belajar perserta didik setelah menggunakan media pop-up.

Penelitian Research and Development (R&D) mengadaptasi desain pengembangan 4-D menurut Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan: define, design, develop, disseminate. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas VII-D SMP N 2 Klaten semester I tahun ajaran 2015/2016. Instrumen berupa angket kelayakan media pop-up, angket respon peserta didik terhadap media pop-up, angket motivasi belajar peserta didik awal dan akhir, dan soal pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan antara lain rerata skor untuk mencari skor aktual, konversi skor menjadi nilai skala empat, menghitung persentase, serta dengan gain score ternormalisasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Menurut dosen ahli dan guru IPA kelayakan media pop-up memperoleh rerata skor 3,67 dengan nilai A dan memperoleh kategori sangat baik, (2) Hasil rerata skor respon peserta didik terhadap media pop-up yaitu 3,23 dengan nilai A dan memperoleh kategori sangat baik, (3) Media pop-up dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan persentase peningkatan yaitu 19,50%. (4) Media pop-up dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan perhitungan gain score dikategorikan sedang dengan nilai 0,55.

Kata kunci: Media pop-up, motivasi belajar, hasil belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.