PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI “TATA SURYA” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA

Islamiar Nur Rani, Paidi Paidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD IPA dengan pendekatan guided inquiry pada materi Tata Surya yang telah dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa. Penelitian dilakukan dengan metode R&D (Research and Development) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Hasil penelitian 1) LKPD telah memenuhi kelayakan berdasarkan penilaian oleh dosen ahli dan guru IPA dengan kategori sangat baik (A) untuk meningkatkan keterampilan proses siswa. 2) LKPD dapat meningkatkan keterampilan proses siswa dengan kategori sedang berdasarkan indikator mengamati, mengklasifikasikan, mengukur, menyusun hipotesis, menyimpulkan,dan mengkomunikasikan. 

Kata Kunci : LKPD, Keterampilan Proses Siswa, IPA, Tata Surya


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.