PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS MASALAH TEMA “SEHATKAH MAKANANKU?” UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DEVELOPING PROBLEM-BASED-SCIENCE-WORKSHEET WITH TITLED “SEHATKAH MAKANANKU?”TO GROWING STUDENT’S CRITICAL THINKING SKILL

Anita Rohmah Siti Fadilah, Ekosari Roektiningroem, Dadan Rosana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis kelayakan LKPD IPA dengan tema “Sehatkah Makananku?” untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dinilai dari validasi dosen ahli. 2) mengidentifikasi karakteristik LKPD IPA dengan tema “Sehatkah Makananku?” yang dikembangkan dan 3) menganalisis respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model 4D Thiagarajan yang meliputi empat tahapan yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini melibatkan 2 validator yaitu 2 dosen ahli dan 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket lembar penilaian dan angket respon peserta didik. LKPD IPA yang dikembangkan secara keseluruhan memperoleh nilai 65 dengan presentase keidealan keseluruhan 81,25% dengan nilai B dan termasuk kategori “Baik”. Dengan demikian LKPD IPA berpikir kritis yang dikembangkan dengan tema “Sehatkah Makananku” layak digunakan menurut validasi dosen ahli. Karakteristik LKPD IPA yang dikembangkan adalah: a) menyajikan LKPD berdasarkan pendekatan berbasis masalah dan menampilkan pertanyaan yang melatih peserta didik untuk berpikir kritis. Respon keterbacaan yang dilakukan oleh peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 2401 dengan kriteria pencapaian aspek 80% dengan nilai B.

Kata kunci: pengembangan LKPD IPA, berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis

This research aims are: 1) to analyze the adequacy of the science worksheets titled “Sehatkah Makananku?” for the growing of students’ critical thinking skills as assessed by expert lecturer. 2) to identify the components of the science worksheets titled “Sehatkah Makananku? which is developed and 3) to analyze student’s responce for worksheet. This research used Research and Development (R&D) method. The method is constructed by four stages which are defining, designing, developing, and disseminating. But, in this research stopped at develop stage. The research included two expert lecturers as validators. The instrument used in this study is questionnaires to test the adequacy of science worksheets which were analyzed with a five-point scale. The score of the science worksheets titled “Sehatkah Makananku?” is 65 with the overall precentage of ideality is 81,25%. As a result, the science worksheets aimed to develop the students’s critical thinking skills titled “Sehatkah Makananku?” is qualified as evaluated by the expert lecturer by with good categories. The components of science worksheets in this research is: a) This Students’ worksheet is problem based science student worksheet and b) containing of critical thingking question. Student’s response scored 2401 with average percentage accession criteria is 80% and categorized good.

Keywords: development science worksheets, problem based, critical thinking skills

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1