PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ANTARA KELAS BERMODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE BRAINSTORMING DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPA

Filly Noviana, Allesus Maryanto, Purwanti Widhy Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan keterampilan berfikir kritis siswa antara kelas yang
menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran Langsung dengan
metode diskusi pada pembelajaran IPA; (2) Perbedaan keterampilan berkomunikasi siswa antara kelas yang
menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran Langsung dengan
metode diskusi pada pembelajaran IPA; (3) Perbedaan keterampilan berfikir kritis dan keterampilan berkomunikasi
siswa antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan
Pembelajaran Langsung dengan metode diskusi pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP N 9
Yogyakarta dengan sampel penelitian adalah kelas VII C dan kelas VII D. Teknik sampling dengan cluster random
sampling. Instrumen pembelajaran berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar kegiatan peserta
didik. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi keterampilan berkomunikasi dan tes keterampilan
berfikir kritis. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes tertulis.Uji validitas soal menggunakan ITEMAN
dan SPSS. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Manova dengan bantuan
program SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan keterampilan berfikir kritis antara kelas
yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran Langsung
dengan metode diskusi dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 <0,05. (2) ada perbedaan keterampilan berkomunikasi
antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming dan Pembelajaran
Langsung dengan metode diskusi dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 <0,05. (3) ada perbedaan keterampilan berfikir
kritis dan berkomunikasi antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan metode
Brainstorming dan Pembelajaran Langsung dengan metode diskusi dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 <0,05.
 
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), brainstorming, Pembelajaran Langsung, diskusi,  keterampilan
berfikir kritis, keterampilan berkomunikasi siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.