PENGEMBANGAN BUTIR SOAL TES UNTUK MENGUKUR KETERCAPAIAN SCIENCE PROCESS SKILL PESERTA DIDIK SMP KELAS VII POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA

Diena Indah Annisa, Nur Kadarisman, Susilowati Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan butir soal tes  yang layak digunakan untuk mengukur ketercapaian science process skill peserta didik SMP/MTs. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4-D (define, design, develop, disseminate). Penskoran  menggunakan  penskalaan  politomus  dan  dianalisis menggunakan Partial Credit Model 1 parameter logit (PCM 1-PL) dengan program QUEST. Hasil penelitian pengembangan adalah dari 25 butir soal yang diujikan terdapat 22 butir yang memenuhi kriteria  sebagai  alat  ukur  yang  baik  dilihat  dari  validitas  dan reliabilitasnya. Hasil uji  coba  menghasikan  kriteria  mean  INFIT  MNSQ  1,0  dan simpangan baku 0,18 menunjukkan tes fit dengan PCM. Reliabilitas butir soal ditunjukkan dengan koefisien alpha Cronbach adalah 0,82 kategori sangat reliabel.Validitas butir soal berdasarkan analisis data empiris dihasilkan 22 butir soal yang valid dengan 15 butir soal kategori baik dan 7 soal kategori cukup baik.

 

 

Kata kunci: Butir Soal Tes, Science Process Skill, Kalor dan Perpindahannya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.