PENGARUH MODEL SAINS, TEKNOLOGI, MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN (STML) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Tatap Pamuji, Ekosari Roektiningroem, Eko Widodo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains, Teknologi, Masyarakat dan Lingkungan (STML) pada materi pencemaran lingkungan terhadap literasi sains dan sikap peduli lingkungan bagi peserta didik kelas VII MTs N 7 Bantul tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A dan VII D MTs N 7 Bantul. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi sikap peduli lingkungan, angket sikap peduli lingkungan, soal pretest dan posttest literasi sains. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji-t sampel independent menggunakan SPSS 21, uji N gain, anaisis keterlaksanaan pembelajaran dan uji effect size standar cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran STML berpengaruh dalam peningkatan literasi sains peserta didik dengan kategori berpengaruh sedang. (2) Model pembelajaran STML berpengaruh dalam sikap peduli lingkungan peserta didik yang ditunjukan dengan adanya perbedaan yang signifikan setelah diuji-t.
Kata kunci: Literasi sains, Model Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan, Sikap peduli lingkungan (STML)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): -

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.