PENGARUH PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STRATEGI PQ4R TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA SMP

Miftakhurofiah Miftakhurofiah, Zuhdan Kun Prasetyo, Ekosari Roektiningroem

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII, dan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII, serta terhadap baik motivasi dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Piyungan. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Instrumen yang digunakan adalah (1) soal pretest dan posttest, dan (2) angket motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji normalized gain, uji mann whitney, uji manova dan uji Cohen’s effect size menggunakan program SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan kategori effect size besar, (2) perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, dengan kategori effect size besar, (3) perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,000.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, motivasi, perangkat pembelajaran, strategi PQ4R

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.