ANALISIS KESESUAIAN BUKU SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP KURIKULUM 2013 KELAS VII DITINJAU DARI STANDAR PROSES DAN PENILAIAN AUTENTIK

Annisa Fatma Palupi, Dadan Rosana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku siswa IPA SMP kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi 2016 dengan (1) standar proses dan (2) penilaian autentik, mengetahui persentase kemunculan masing-masing aspek (3) standar proses dan (4) penilaian autentik pada buku siswa IPA SMP kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi 2016. Penelitian dilakukan menggunakan teknik content analysis. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-April 2018. Subjek penelitian ini adalah buku IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII penerbit Erlangga (Buku 1) dan buku IPA Terpadu SMP Kelas VII penerbit Yudhistira (Buku 2). Instrumen penelitian berbentuk lembar observasi dilengkapi dengan kisi-kisi kesesuaian buku siswa ditinjau dari standar proses dan penilaian autentik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku 1 dan buku 2 sesuai dengan aspek standar proses, persentase kemunculan indikator buku 1 sebesar 88,89% (sangat baik) dan buku 2 sebesar 100,00% (sangat baik); (2) buku 1 dan buku 2 sesuai dengan penilaian autentik, persentase kemunculan indikator buku 1 sebesar 58,82% (cukup baik) dan buku 2 sebesar 70, 59% (baik); (3) Persentase kemunculan masing-masing aspek standar proses dari yang terbesar ke terkecil untuk buku 1, yaitu kegiatan mengasosiasi 39,6%; mengamati 30,4%; mengumpulkan data 26,4%; mengkomunikasikan 3,6%; dan menanya 0,00%. Urutan persentase kemunculan masing-masing aspek standar proses dari yang terbesar ke terkecil untuk buku 2, yaitu kegiatan mengasosiasi 28,2%; mengamati 27,1%; mengumpulkan data 26,8; mengkomunikasikan 15,9%; dan menanya 2,0%; (4) Persentase kemunculan masing-masing aspek penilaian autentik dari yang terbesar ke terkecil untuk buku 1, yaitu penilaian kompetensi sikap sebesar 40,5%; penilaian kompetensi keterampilan 39,3%; dan penilaian kompetensi pengetahuan sebesar 20,2%. Urutan persentase kemunculan masing-masing aspek penilaian autentik dari yang terbesar ke terkecil untuk buku 2, yaitu penilaian kompetensi pengetahuan sebesar 60,5%; penilaian kompetensi keterampilan 38,2%; dan penilaian kompetensi sikap sebesar 1,3%.
Kata kunci: analisis buku, kurikulum 2013, standar proses, penilaian autentik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.