PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOOPERATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 TURI MATERI TATA SURYA

Muhammad Zainuddin, Insih Wilujeng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Turi pada materi tata surya dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap keterampilan kooperatif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Turi pada materi tata surya mengetahui hubungan korelasi antara hasil belajar kognitif dan keterampilan kooperatif peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Turi pada materi tata surya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain pre-posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian berupa seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Turi 2017/2018. Waktu penelitian bulan April s/d Mei 2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran model cooperative learning tipe scramble dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini berupa pretest-posttest hasil belajar kognitif, lembar observasi keterampilan kooperatif, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data dalam penelitian ini berupa data nilai pretest-posttest hasil belajar kognitif, data keterampilan kooperatif dan data keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji independent sample T test dan uji korelasi Rank Spearman Besar pengaruh dala penelitian ini dianalisis dengan uji Cohen’s effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA model cooperative learning tipe scramble memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan effect size sedang, pembelajaran IPA model cooperative learning tipe scramble memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan kooperatif peserta didik dengan effect size sedang. Hasil uji korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa besarnya korelasi antara hasil belajar kognitif dan keterampilan kooperatif sebesar 0,300 dengan hubungan rendah tapi pasti.
Kata kunci : hasil belajar kognitif, keterampilan kooperatif, model pembelajaran kooperatif tipe scramble

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.