PENGARUH PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE BERCORAK SOSIAL MEDIA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Yoga Hadi Yulianto, Sabar Nurohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem pembelajaran online dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 4 Yogyakarta pada materi Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ialah siswa kelas VII SMP N 4 Yogyakarta sebanyak 135 orang. Sampel kelas ditentukan dengan teknik cluster random sampling dengan hasil kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen dilakukan dengan penerapan pembelajaran online menggunakan media pembelajaran Edmodo, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan media LCD serta Papan tulis di ruang kelas. Instrumen yang digunakan adalah (1) angket motivasi belajar siswa, (2) lembar observasi motivasi, dan (3) soal kognitif. Teknik analisis data untuk uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas; uji N-Gain score untuk melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah pemberian perlakuan; uji hipotesis menggunakan independent sample t test dan paired t test, serta perhitungan pengaruh perlakuan menggunakan Cohen’s d effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan penerapan sistem pembelajaran online dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo terhadap motivasi belajar siswa dengan kategori tinggi. (2) ada pengaruh signifikan penerapan sistem pembelajaran online dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo terhadap hasil belajar siswa dengan kategori tinggi.
Kata kunci: Edmodo, Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa, Sistem Pembelajaran Online

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.