PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLOG TERHADAP ICT LITERACY SISWA

Asri Febrianti, Susilowati Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis blog terhadap: (1) ICT Literacy siswa aspek define dan integrate, dan (2) ICT Literacy siswa aspek access, manage, evaluate, create, dan communicate. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan signifikan kemampuan ICT Literacy siswa dan uji effect size untuk mengetahui besar pengaruh pembelajaran IPA berbasis blog terhadap ICT Literacy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis melalui uji independent sample t-test pada aspek define dan integrate diperoleh nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 (Sig < 1⁄2 α ), dan pada aspek access, manage, integrate, evaluate, create, dan communicate diperoleh nilai taraf signifikansi sebesar 0,002 (Sig < 1⁄2 α ). Besar pengaruh diukur menggunakan perhitungan effect size pada aspek define dan integrate sebesar 1,1 yang termasuk dalam kategori tinggi dan perhitungan effect size pada aspek access, manage, integrate, create, dan communicate sebesar 0,9 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga dapat diketahui bahwa pembelajaran IPA berbasis blog memiliki pengaruh signifikan terhadap ICT Literacy siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA berbasis blog merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan ICT Literacy siswa untuk menghadapi tantangan abad-21.
Kata kunci: pembelajaran IPA berbasis blog dan ICT Literacy

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.