PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Fahmi Nur Hidayat, Purwanti Widhy Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan strategi mind mapping pada pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model problem based learning dengan strategi mind mapping, sedangkan pada kelompok kontrol diberikan perlakuan dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Banguntapan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni (1) soal pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis (2) lembar observasi kemampuan berpikir kritis (3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji hipotesis secara parametrik dianalisis melalui uji ANCOVA. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada uji ANCOVA diperoleh sebesar 0,004, sehingga H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning dengan strategi mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Model problem based learning, strategi mind mapping, kemampuan berpikir kritis
Abstract

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.