PENGARUH PEMBELAJARAN STEM BERBASIS ISSUES TERHADAP SIKAP RASA INGIN TAHU DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Endri Sutiyatmini, Allesius Maryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh pembelajaran STEM berbasis issues terhadap sikap rasa ingin tahu peserta didik SMP pada mata pelajaran IPA, (2) adanya pengaruh pembelajaran STEM berbasis issues terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada mata pelajaran IPA, dan (3) adanya pengaruh pembelajaran STEM berbasis issues terhadap sikap rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada mata pelajaran IPA Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain “Posttest Only Nonequivalent Control Group Design”. Pengambilan sampel dilakukan dengan pemilihan secara acak (cluster randomsampling) sehingga diperoleh peserta didik kelas VIII G SMP 2 pleret sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran STEM berbasis issues dan peserta didik kelas VIII D SMP 2 Pleret sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan guru yaitu pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran STEM Berbasis Issues terhadap sikap rasa ingin tahu peserta didik dengan effect size pada kategori moderate effect; (2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran STEM Berbasis Issues terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan effect size pada kategori kategori strong effect, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran STEM Berbasis Issues terhadap sikap rasa ingin tahu dan keterampilan berpikir kritis peserta didik
Kata kunci : STEM berbasis issues, sikap rasa ingin tahu, keterampilan berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.