PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PEDAGOGY FOR SUSTAINABILITY TERHADAP ENVIRONMENTAL LITERACY DOMAIN KNOWLEDGE DAN DISPOSITIONS PESERTA DIDIK SMP

Novita Dwi Utami, Susilowati Susilowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model problrm based learning berorientasi pedagogy for sustainability terhadap environmental literacy domain knoweledge peserta didik SMP; (2) pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model problem based learning berorientasi pedagogy for sustainability terhadap environmental literacy domain dispositions peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Muntilan tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelompok kelas dipilih secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model problem based learning berorientasipedagogy for sustainability dan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Data environmental literacy domain knowledge diperoleh dari soal pretest dan posttest, sedangkan data environmental literacy domain dispositions diperoleh dari angket dan lembar observasi. Uji prasyarat hipotesis digunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sampel T-Test. Pengambilan keputusan berdasarkan nilai sig 2-tailed pada bagian Independent Sampel T-Test dan besarnya pengaruh dihitung dengan Cohen’s Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran IPA menggunakan model problem based learning berorientasi pedagogy for sustainability berpengaruh terhadap environmental literacy domain knowledge dengan nilai d = 1,1 termasuk dalam kategori tinggi; dan (2) pembelajaran IPA menggunakan model problem based learning berorientasi pedagogy for sustainability berpengaruh terhadap environmental literacy domain dispositions dengan nilai d = 1,6 termasuk dalam kategori tinggi.
Kata kunci: model problem based learning, pedagogy for sustainability, environmental literacy

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.