PENGARUH LKPD INQUIRY SOSIOSCIENCE ISSUES BERMUATAN NOS TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS ASPEK KONTEN DAN KONTEKS PESERTA DIDIK

Riska Ayu Permata, Eko Widodo, Asri Widowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan literasi sains aspek konten dan konteks antara sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan LKPD inquiry sosioscience issues bermuatan NOS (2) mengetahui perbedaan literasi sains aspek konten dan konteks anatara pembelajaran menggunakan LKPD inquiry sosioscience issues bermuatan NOS dan pembelajaran menggunakan LKPD standart kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah 134 peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang pembelajaran menggunakan LKPD inquiry sosioscience issues bermuatan NOS dan kelas VII A pembelajaran menggunakan LKPD standart kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan yaitu (1) soal pretest-posttest, (2) lembar observasi literasi sains aspek konteks, (3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran LKPD inquiry sosioscience issues bermuatan NOS . Teknik analisis data soal pretest-posstest dengan menggunakan uji paired t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan literasi sains aspek konten dan konteks peserta didik antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan LKPD inquiry sosioscience issues bermuatan NOS dengan hasil (Sig 2 tailed= 0,000), (2) Terdapat perbedaan signifikan literasi sains aspek konten dan konteks peserta didik antara kelas pembelajaran menggunakan LKPD inquiry sosioscience issues bermuatan NOS dengan kelas pembelajaran menggunakan LKPD sesuai standart kurikulum 2013 dengan hasil (Sig.2 tailed 0,000) dan besarnya pengaruh pembelajaran LKPD inquiry sosioscience issues sebesar 1,09 kategori tinggi
Kata Kunci : Aspek konten, Aspek Konteks, Inquiry Sosiosience issues, Nature of Science (NOS), Literasi Sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.