PERBEDAAN ANTARA PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN NATURE OF SCIENCE PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP N 11 YOGYAKARTA

Ari Setyaningsih, Eko Widodo, Asri Widowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan literasi sains siswa SMP yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing bermuatan Nature Of Science (NOS) pada dua kelas eksperimen. Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta.Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group design yang melibatkan dua kelas, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen 1 dan satu kelas lain sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak yang dilakukan jika populasi bersifat homogen dan terdistribusi normal. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan sampel sebanyak 60 anak. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu soal pretest-postest berbentuk uraian dan lembar observasi literasi sains aspek kompetensi. Instrumen soal yang telah diuji empiris memiliki tingkat reliabilitas sebesar 0,644. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistika parametrik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pendekatan inkuiri terbimbing dengan pendekatan inkuiri terbimbing bermuatan NOS dalam pembelajaran IPA terhadap peningkatan literasi sains dengan hasil uji-independent sample t-test dengan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000.
Kata Kunci :Aspek Kompetensi, Inkuiri Terbimbing, Nature Of Science (NOS), Literasi Sains.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.