PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGH ORDER THINKING (HOT) SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Windy Septiana Mulyatiningrum, Joko Sudomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD IPA dengan model Problem Based Learning yang layak untuk meningkatkan kemampuan high order thiking peserta didik kelas VII SMP berdasarkan penilaian dari validator, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD IPA dengan model Problem Based Learning yang dikembangkan, dan (3) mengetahui peningkatan kemampuan high order thiking peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD IPA dengan model Problem Based Learning yang dikembangkan. Penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan model 4D (define,design, develop dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas VII G SMPN 1 Piyungan. Data peningkatan kemampuan high order thiking diperoleh melalui soal pretest-posttest dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD IPA yang dikembangkan layak untuk meningkatkan kemampuan high order thiking peserta didik berdasarkan hasil validasi dosen ahli dan guru IPA dengan nilai baik (B), LKPD yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 134,5 dari skor maksimal 140 dengan kategori sangat baik (A) (2) Respon peserta didik terhadap LKPD ditinjau dari angket respon memperoleh skor rata-rata sebesar 88,65 dari skor maksimal 108 dengan kategori sangat baik (A) (3) Pembelajaran menggunakan LKPD IPA dengan model Problem Based Learning berpotensi meningkatan kemampuan high order thiking peserta didik. Pengujian kemampuan high order thinking menggunakan N-gain score melalui lembar observasi meningkat sebesar 0,58 dengan kategori sedang, melalui jawaban pretest-posttest kegiatan 1 sebesar 0,58 dengan kategori sedang dan jawaban pretest-posttest kegiatan 2 sebesar 0,64 dengan kategori sedang.
Kata kunci: LKPD, kemampuan berpikir tingkat tinggi, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.