PENGARUH E-MODUL BERPENDAKATAN GUIDED INQUIRY BERMUATAN NATURE OF SCIENCE TERHADAP LITERASI SAINS SISWA

Aulia Nanda Masruroh, Zuhdan Kun Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi media pembelajaran
berpendekatan Guided Inquiry bermuatan Nature of Science terhadap kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik “cluster random sampling” yang diperoleh dua kelas untuk dijadikan sampel. Kelas VIII F dan sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan e-modul berpendekatan Guided Inquiry bermuatan Nature of Science. Dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan perlakuan menggunakan buku siswa. Data diperoleh dengan menggunakan pretest dan posttest. Analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretest sebesar 40,87 dan posttest sebesar 82,94. Analisis data diperoleh nilai rata - rata kelas kontrol pada pretest sebesar 39,06 dan posttest sebesar 70,00. Berdasarkan hasil analisis menggunakan effect size diperoleh nilai sebesar 1,9. Sehingga dapat dikategorikan tinggi penggunaan e- modul Guided Inquiry bermuatan Nature of Science. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis simpulan dari penelitian menggunakan e-modul berpendekatan Guided Inquiry bermuatan Nature of Science berpengaruh signifikan terhadap literasi sains siswa.
Kata kunci: e-modul, guided inquiry, nature of science, literasi sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.