PERBEDAAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN KONVENSIONAL DI MTsN 2 KEBUMEN

An Nisa Yanti, Joko Sudomo, Allesius Maryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan sikap ilmiah (sikap ingin tahu, sikap respek terhadap fakta, sikap berpikir kritis, sikap berpikiran terbuka dan sikap teliti) peserta didik pada pembelajaran IPA menggunakan metode discovery learning dan metode konvensional; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPA menggunakana metode discovery learning dan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain yang dipilih adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 2 Kebumen. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling. Terpilih dua kelas yaitu kelas VII G dengan jumlah peserta didik 32 orang dengan metode discovery learning dan kelas VII I dengan jumlah peserta didik 32 orang yang diajar dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah angket, posttest, data observasi, dan data dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan yang signifikan pada sikap ilmiah antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA dengan metode discovery learning dan metode konvensional di kelas VII MTsN 2 Kebumen; (2) ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA dengan metode discovery learning dan metode konvensional di kelas VII MTsN 2 Kebumen.
Kata kunci: sikap ilmiah, hasil belajar kognitif, metode discovery learning, metode konvensional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.