PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA MODEL TIGA DIMENSI (3D) UNTUK SISWA DIFABEL NETRA PADA MATERI PERBEDAAN SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN

Novita Amalinda Rachman, Paidi Paidi, Asri Widowati

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk; 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA model tiga dimensi (3D) untuk siswa difabel netra pada materi perbedaan sel hewan dan tumbuhan menurut para ahli dan guru IPA, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA model tiga dimensi (3D) menurut peer reviewer dan 3) mengetahui kelayakan mengenai media pembelajaran IPA model tiga dimensi untuk materi sel hewan dan tumbuhan berdasarkan respon siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) yang memodifikasi prosedur pengembangan model 4D Thiagarajan dengan menghilangkan langkah Disseminate (penyebaran). Produk penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran model 3D dengan materi sel hewan dan sel tumbuhan untuk siswa difabel netra. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPA, 5 peer reviewer menyatakan bahwa produk ini cukup layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan persentase keidealan produk secara berturut-turut 58,3 % (Cukup Baik); 71, 25% (Baik); 86,71% (Sangat Baik), 90% (Sangat Baik); 89,09% (Sangat baik) sedangkan berdasarkan tanggapan 8 siswa difabel netra di MTs/LB A Yaketunis Yogyakarta, produk ini memiliki kualitas yang Sangat Baik dengan persentase keidealan 89,09%.
Kata kunci: media tiga dimensi, sel hewan dan sel tumbuhan, difabel netra

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.