PENGARUH PENGGUNAAN SSP IPA BERBASIS SURROGATE EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA ERUPSI GUNUNG BERAPI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS VII SMP N 2 CANGKRINGAN

Rizki Arumning Tyas, Eko Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis surrogate experiential learning pada materi bencana erupsi gunung berapi terhadap penguasaan konsep IPA dan kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana erupsi gunung berapi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest – posttest nonequivalent control group design. Sampel berjumlah 61 orang berasal dari SMP N 2 Cangkringan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Silabus, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan (3) Lembar Kegiatan Peserta Didik. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Lembar Observasi Kesiapsiagaan, (2) Angket Kesiapsiagaan, dan (3) Soal pretest – posttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis surrogate experiential learning pada materi bencana erupsi gunung berapi terhadap penguasaan konsep IPA siswa, tetapi, tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis surrogate experiential learning pada materi bencana erupsi gunung berapi terhadap kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana erupsi gunung berapi.
Kata Kunci: subject specific pedagogy, surrogate experiential learning, kesiapsiagaan, penguasaan konsep.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.