PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN BUKU SAKU MOBILE-LEARNING QR-CODE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 PLAYEN

Nova Wahid Nugroho, Dadan Rosana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku saku (pocket book) IPA mobile learning QR code berbasis Problem Based Learning pada materi Makhluk Hidup dan Lingkungan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII SMP N 2 Playen. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan jenis desain yang digunakan yaitu time series design. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran buku saku mobile learning Quick Respone code berbasis problem based learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Lembar keterlaksanaan pembelajaran, (2) Lembar penilaian aspek afektif, kognitif dan psikomotor pada pembelajaran, (3) Soal pretest dan posttest tingkat soal berpikir kritis. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan buku saku (pocket book) IPA mobile learning QR code berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Makhluk Hidup dan Lingkungan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa.
Kata Kunci: Buku saku, Problem Base Learning, Quick Respone-Code

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.