PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PEMANASAN GLOBAL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Heru Khoirul Ummah, Insih Wilujeng, Erfan Piyambodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD IPA Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) dengan tema “Pemanasan Global” yang dikembangkan dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik setelah menggunakan LKPD hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini berjumlah 27 peserta didik. Objek penelitian ini berupa LKPD hasil pengembangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi (1) lembar validasi LKPD, (2) soal pretest dan posttest, (3) lembar observasi keterampilan berpikir kritis dan (4) lembar observasi sikap ilmiah, (5) angket respon peserta didik terhadap LKPD, serta (6) lembar keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kelayakan LKPD berdasarkan saran dan skor penelitian dari validator, gain score peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan peningkatan sikap ilmiah peserta didik tiap pertemuan, respon serta persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kelayakan LKPD dilihat dari hasil penilaian validator, yaitu memperoleh nilai A yang termasuk dalam kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat sebesar 10,9% dari kategori cukup menjadi baik, berdasarkan skor pretest-postest diperoleh gain score sebesar 0,44 yang termasuk dalam kategori sedang. Sikap ilmiah peserta didik meningkat sebesar 8,02%, dari kategori cukup menjadi baik. Selain itu, peserta didik juga memberikan respon yang sangat baik dengan nilai A terhadap LKPD hasil pengembangan ini.
Kata kunci: LKPD IPA, Contextual Teaching Learning (CTL), keterampilan berpikir kritis, sikap ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.