PROFIL ASPEK SIKAP LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMPN KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI TINGKAT KEFAVORITAN SEKOLAH

Yenny Ariningsih, eko Widodo, Allesius Maryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan aspek sikap literasi sains siswa SMP kelas VIII pada pembelajaran IPA di SMPN Kota Yogyakarta ditinjau dari tingkat kefavoritan sekolah, mengetahui komponen aspek sikap literasi sains yang memiliki rerata paling tinggi, mengetahui komponen aspek sikap literasi sains yang memiliki rerata paling rendah dan mengetahui hubungan kemampuan aspek sikap literasi sains dengan tingkat kefavoritan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian dilaksanakan di enam SMP Negeri di Kota Yogyakarta dengan tingkat kefavoritan sekolah yang berbeda dengan jumlah populasi sebanyak 1.524 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 195 orang siswa yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan tingkat kefavoritan sekolah dengan sampel diambil berdasarkan pertimbangan tingkat kefavoritan sekolah dan perizinan penelitian. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa kuesioner. Instrumen ini memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,70 yang tergolong tinggi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis menggunakan skala Likert dan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dengan tingkat kefavoritan tinggi memiliki kemampuan aspek sikap literasi sains yang baik dengan rata-rata nilai sebesar 99,1, sekolah dengan tingkat kefavoritan sedang memiliki kemampuan aspek sikap literasi sains yang baik dengan rata-rata nilai sebesar 94 dan sekolah dengan tingkat kefavoritan rendah juga memiliki kemampuan aspek sikap literasi sains yang baik dengan rata-rata nilai sebesar 93. Komponen aspek sikap literasi sains yang memiliki rerata paling tinggi pada sekolah dengan tingkat kefavoritan tinggi, tingkat kefavoritan sedang dan tingkat kefavoritan rendah adalah komponen ketertarikan terhadap sains. Sedangkan komponen aspek sikap literasi sains yang memiliki rerata paling rendah pada sekolah dengan tingkat kefavoritan tinggi, tingkat kefavoritan sedang dan tingkat kefavoritan rendah adalah komponen kesadaran lingkungan. Kemampuan aspek sikap literasi sains sesuai dengan tingkat kefavoritan sekolah tergolong rendah didukung dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,217.
Kata Kunci : profil, aspek sikap, literasi sains, tingkat kefavoritan sekolah
Abstract

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): -

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.