PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MODEL SERVICE LEARNING PENDEKATAN SSI TERHADAP PROBLEM SOLVING & SIKAP RESPEK FAKTA

Elshandra Gita, Ekosari Roektiningroem

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh pembelajaran IPA model service lerning dengan pendekatan socio scientific issues (SSI) terhadap kemampuan problem solving dan terhadap sikap respek fakta. Penelitian quasi eksperiment dengan non-equivalen group design. Populasinya adalah 151 siswa kelas 8 SMPN 4 Wonosari dilakukan dengan cluster random sampling, kelas 8A menggunakan model service learning pendekatan socio scientific issues dan kelas 8C menggunakan pendekatan 5M. Instrumen yang digunakan yaitu soal, lembar observasi problem solving, lembar observasi sikap respek fakta, lembar angket sikap respek fakta, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis untuk menguji besarnya pengaruh dilakukan dengan menghitung Cohen’d menggunakan rumus Effect size dari Cohen. Hasil penelitian menunjukkan adanya (1) pengaruh pembelajaran IPA model service learning pendekatan socio scientific issues terhadap problem solving dengan nilai effect size 0,43 kategori kecil, (2) pengaruh pembelajaran IPA model service learning pendekatan socio scientific issues terhadap sikap respek fakta dengan nilai effect size 0,63 kategori sedang.
Kata Kunci: Problem Solving, Service Learning, Sikap Respek terhadap Fakta, Socio Scientific Issues

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.