PROFIL ASPEK KOMPETENSI LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI TINGKAT KEFAVORITAN SEKOLAH

Lulik Rina Widyastutik, eko Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil aspek kompetensi literasi sains, mengetahui pemahaman tiap aspek kompetensi literasi sains, dan mengetahui rangking pemahaman aspek kompetensi literasi sains pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Kota Yogyakarta ditinjau dari tingkat kefavoritan sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan tingkat kefavoritan sekolah dengan pengambilan sampel didasarkan pada pertimbangan tingkat kefavoritan dan perizinan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil aspek kompetensi literasi sains siswa berturut-turut dari teratas yaitu sekolah dengan tingkat kefavoritan tinggi, sedang dan rendah adalah cukup, kurang dan sangat kurang. Pemahaman siswa pada tiap yaitu aspek menjelaskan fenomena secara ilmiah adalah sangat kurang, pemahaman aspek mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah adalah kurang dan pemahaman aspek menginterpretasikan bukti dan data ilmiah adalah kurang. Ranking pemahaman aspek kompetensi literasi sains siswa berturut-turut dari teratas yaitu sekolah dengan tingkat kefavoritan tinggi, sedang dan rendah.
Kata kunci: aspek kompetensi, kefavoritan sekolah, literasi sains, profil

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.