PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL NESTED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF, RASA INGIN TAHU, DAN KETERAMPILAN MENGORGANISASI IDE PESERTA DIDIK SMP

Ika Duiningrum, Insih Wilujeng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA dengan model keterpaduan nested yang layak berdasarkan penilaian validator, dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif, rasa ingin tahu, dan keterampilan mengorganisasi ide peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran IPA model nested yang dikembangkan. Desain penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahap yakni define, design, develop, disseminate. Teknis analisis data secara kualitatif berupa komentar & saran dari validator, analisis secara kuantitatif berupa gain score, dan scoring. Pada tahap penyebaran (disseminate) hanya dilakukan secara terbatas, mengingat ranah penelitian R&D yang sangat luas. Hasil penelitian ini adalah dihasilkannya perangkat pembelajaran IPA model nested berupa silabus, RPP, dan bahan ajar LKPD yang dinyatakan layak oleh validator dengan kategori sangat baik (A), perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan kognitif dengan kategori sedang, rasa ingin tahu sebesar 9% dan 5%, sedangkan presensentase peningkatan keterampilan mengorganisasi ide sebesar 3% dan 7%.
Kata kunci : kemampuan kognitif, keterampilan mengorganisasi ide, nested, perangkat pembelajaran, rasa ingin tahu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): -

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.