PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP TEMA TATA SURYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 KOTA MUNGKID

Ulin Nuha, Dadan Rosana, Susilowati Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe scramble terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar dan pemahaman konsep antara peserta didik yang melaksanakan pembelajaran cooperative learning tipe scramble dengan peserta didik yang tidak melaksanakan pembelajaran cooperative learning tipe scramble. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh dan uji Mann Withney untuk mengetahui perbedaan. Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe scramble terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe scramble terhadap pemahaman konsep peserta didik, (3) ada perbedaan motivasi belajar dan pemahaman konsep antara peserta didik yang melaksanakan pembelajaran cooperative learning tipe scramble dengan peserta didik yang tidak melaksanakan pembelajaran cooperative learning tipe scramble.
Kata Kunci : Cooperative learning tipe scramble, motivasi belajar, pemahaman konsep.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.