PROFIL ASPEK KONTEKS LITERASI SAINS MATERI “PENCERNAAN MANUSIA” PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI TINGKAT KEFAVORITAN SEKOLAH

Dona Meylinda, Eko Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil aspek konteks literasi sains materi “Pencernaan Manusia” pada siswa kelas VIII di SMPN Kota Yogyakarta ditinjau dari tingkat kefavoritan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel berjumlah 186  berasal dari 6 SMPN di Kota Yogyakarta yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Hasil teknik analisis data menunjukkan sekolah kefavoritan tinggi memiliki kemampuan aspek konteks liteasi sains yang cukup, sedangkan sekolah dengan tingkat kefavoritan sedang dan rendah memiliki kemampuan aspek koteks literasi yang sangat kurang. Rata-Rata nilai tertinggi sekolah kefavoritan tinggi, dan rendah yaitu pada menafsirkan data dan bukti ilmiah terkait isu yang ada pada diri sendiri/personal. Sekolah kefavoritan sedang memiliki rata-rata nilai tertinggi pada indikator mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah terkait isu yang ada pada lingkungan sekitar (nasional). Rata-rata nilai terendah pada ketiga kategori sekolah pada indikator mengevaluasi dan mendesain penyelidkan ilmiah terkait isu yang ada pada dunia (global). Tingkat kemampuan aspek konteks literasi sains sesuai dengan tingkat kefavoritan sekolah.

Kata Kunci : Aspek Konteks, Kefavoritan Sekolah, Literasi Sains, Profil

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.