PENGEMBANGAN LKPD IPA “PROTECTING OUR EARTH FROM AIR POLLUTION” BERBASIS AUTHENTIC INQUIRY LEARNING

Sinta Aulia Devi Maharani, asri widowati, Purwanti Widhy Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD IPA tema “Protecting Our Earth from Air Pollution” berbasis authentic inquiry learning, mengetahui peningkatan kemampuan problem solving serta sikap ingin tahu peserta didik dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan mengadaptasi langkah-langkah 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian pengembangan LKPD IPA berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA ditinjau dari kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan memperoleh skor rata-rata 3,79 (kategori sangat baik) dengan reliabilitas sebesar 96,13% sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. LKPD IPA hasil pengembangan dapat meningkatkan kemampuan problem solving dibuktikan dengan  gain score sebesar 0,51 dengan kategori sedang. LKPD IPA juga telah terbukti meningkatkan sikap ingin tahu peserta didik dibuktikan dengan data observasi sikap ingin tahu peserta didik meningkat 20,02%.

 

Kata Kunci: LKPD IPA, authentic inquiry learning, problem solving, sikap ingin tahu


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.