PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII E SMP N 2 WONOSARI TEMA ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

Prema Kurniawati Santosa, Yuliati Yuliati, widodo Setiyo Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah melalui model Problem Based Learning pada peserta didik kelas VII E SMP N 2 Wonosari dengan tema “Energi dalam Sistem Kehidupan”.Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E SMP N 2 Wonosari yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan soal pretest dan posttest berupa soal uraian, sedangkan teknik non tes menggunakan lembar pengamatan keterampilan pemecahan masalah yang digunakan saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif.Keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas VII E SMP N 2 Wonosari dapat ditingkatkan melalui pembelajaran model PBL. Masing-masing tahapan model PBL dapat meningkatkan aspek keterampilan pemecahan masalah. Tahap memberikan orientasi masalah kepada peserta didik meningkatkan aspek memahami masalah dan merencanakan solusi. Tahap mengorganisasi peserta didik untuk melakukan penyelidikan meningkatkan aspek memahami masalah dan merencanakan solusi. Tahap membimbing penyelidikan peserta didik meningkatkan aspek memecahkan masalah. Tahap menyajikan hasil penyelidikan meningkatkan aspek mengevaluasi pemecahan masalah. Tahap menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah meningkatkan aspek mengevaluasi pemecahan masalah. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah dibuktikan dengan peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai KKM (KKM = 75) dari siklus I sebesar 90% menjadi 100% pada siklus II.

 

 

Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Pemecahan Masalah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.