PENGEMBANGAN LKPD IPA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN SIKAP INGIN TAHU PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII

Lady Wahyu Hapsari, Juli Astono, Asri Widowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan hasil pengembangan LKPD IPA berpendekatan
authentic inquiry learning, (2) penumbuhan kemampuan problem solving peserta didik SMP kelas VIII
terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, (3) penumbuhan sikap ingin tahu peserta
didik SMP kelas VIII terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning. Metode penelitian
adalah Research and Development (R & D) dengan model 4-D. Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap
define, design, develop, dan disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi
untuk dosen ahli dan guru IPA, lembar observasi keteraksanaan pembelajaran authentic inquiry learning,
angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, lembar
observasi kemampuan problem solving, instrumen soal tes problem solving berupa pretest dan posttest,
lembar observasi sikap ingin tahu peserta didik, dan angket sikap ingin tahu peserta didik. Subjek
penelitian adalah peserta didik SMP kelas VIII di SMP N 2 Imogiri. Hasil penelitian dari pengembangan
LKPD IPA menunjukkan bahwa: (1) LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning layak
digunakan sebagai bahan ajar dengan kategori sangat baik (A), didukung dengan hasil respon peserta
didik terhadap LKPD IPA berada pada kategori baik (B) dan keterlaksanaan pembelajaran authentic
inquiry learning dapat 100% terlaksana dengan sangat baik, (2) Kemampuan problem solving peserta
didik berdasarkan analisis gain score 0,6 berada pada kategori Sedang, (3) Sikap ingin tahu peserta didik
berada pada kategori sangat baik (A).
Kata Kunci: LKPD, Authentic Inquiry Learning, Kemampuan Problem Solving, Sikap ingin Tahu


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.