PERBEDAAN PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK ANTARA KELAS INDOOR DAN OUTDOOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MASALAH DI SMP N 2 KALASAN

Isnahuriyawati Isnahuriyawati, Joko Sudomo, Putri Anjarsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan motivasi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menggunakan metode outdoor learning dan indoor learning pada pembelajaran IPA berbasis masalah. (2) perbedaan peningkatan motivasi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menggunakan metode   outdoor learning dan indoor learning pada pembelajaran IPA berbasis masalah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan Pretest Postest Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen-1 yang menggunakan metode outdoor learning dan kelas eksperimen-2 yang menggunakan metode indoor learning. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri dari data keterampilan berpikir kritis melalui pretest dan posttest, observasi dan data motivasi belajar melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan motivasi peserta didik memiliki perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) ada perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis antara kelas dengan metode outdoor learning  dan indoor learning; (2) ada perbedaan signifikan motivasi belajar antara kelas dengan metode outdoor learning  dan indoor learning; (3) ada perbedaan peningkatan motivasi belajar antara kelas dengan metode outdoor learning  dan indoor learning; (4) ada perbedan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara kelas dengan metode outdoor learning  dan indoor learning.

Kata kunci: motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, metode outdoor learning, metode indoor learning.


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.