PENGEMBANGAN MODUL IPA YANG DAPAT MENANAMKAN SIKAP SPIRITUAL DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA SMP

Eko Kurniawan, Sabar Nurohman, Wita Setianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan modul IPA yang dapat menanamkan sikap spiritual dan meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa SMP dengan tema “Darahku Kotor karena Asapmu”;

 

(2) mengetahui hasil penanaman sikap spiritual pada siswa setelah menggunakan modul IPA dalam pembelajaran IPA; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah menggunakan modul IPA dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model dari Thiagarajan melalui 4-D model yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define, design, develop, disseminate. Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga, yaitu develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian modul, angket respon siswa terhadap modul, angket sikap spiritual, dan lembar observasi sikap spiritual siswa, serta instrumen pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kelayakan modul IPA berdasarkan saran dan skor penilaian validator, respon siswa, angket sikap spiritual siswa, dan analisis hasil observasi sikap spiritual siswa. Peningkatan hasil belajar kognitif dapat diketahui dengan analisis statistika menggunakan gain-score. Modul IPA yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran IPA ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian materi, bahasa dan gambar, kegrafisan, dan penanaman sikap spiritual. Terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa yang dapat diketahui dengan melihat gain-score sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Sikap spiritual berdasarkan angket memiliki rata-rata persentase sebesar 84,3% dapat tertanamkan dengan sangat baik, sedangkan berdasarkan observasi memiliki rata-rata sebesar 25,0 % pada pertemuan ke-I tertanamkan dengan kategori kurang, memiliki rata-rata sebesar 41,4% pada pertemuan ke-II tertanamkan dengan kategori cukup dan memiliki rata-rata sebesar 68,3% pada pertemuan ke-III tertanamkan dengan kategori baik.

 

Kata kunci: Modul IPA, Sikap Spiritual, Hasil Belajar Ranah Kognitif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.