Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Pembangunan Dan Perdesaan Dan Perkotaan Melalui Website Simpel PBB

Fajar Nur Handayani, Chandra Dewi Puspitasari

Abstract


Artikel ini berdasarkan penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Website Simpel PBB dalam meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 di Kabupaten Sleman dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat pemanfaatan Website Simpel PBB.

Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) merupakan salah satu sumber pendapatan daerah. Kita sebagai warga negara harusnya melaksanakan kewajiban perpajakan. Realita dilapangan, kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 belum maksimal. Begitu pula di Kabupaten Sleman kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 belum maksimal. Kemudian Pemerintah Daeah Kabupaten Sleman beupaya untuk mrngatasi hal tersebut. Ssalah satu upaya yang ditempuh melalui Website Simpel PBB. Kenyataan di lapangan pemanfaatan Website Simpel PBB masih ada yang menghambat.

Faktor-faktor yang menghambat pemanfaatan Website Simpel PBB meliputi: (1) faktor dari BKAD (2) faktor dari Wajib Pajak dan (3) faktor dari Website Simpel PBB.

Jenis penelitiannya deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data melalui cross check. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, kategorisasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.