Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran PPKn Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video

Tsania Choirunnisa, samsuri samsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan media video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMP pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exprerimental) dengan pendekatan kuantitatif dan desain Nonequivalent Control Grup Desain. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII  Depok Tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen  dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video dan kelas VIII D sebagai kelas control dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar soal tes berupa soal uraian dan lembar kerja peserta didik. Analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan effect size. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP dalam pembelajaran PPKn. .  Hasil dapat dilihat dari data yang dihasilkan dari nilai t-hitung pada posttest berpikir kritis lebih besar sebesar 2.140 dari t-tabel pada df59 sebesar 60 dan nilai signifikansi sebesar 0,036 lebih kecil dari data nilai taraf signifikansi 5%. Sehingga apabila nilai tersebut diinterpretasikan maka Ho ditolak dan Hi diterima.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.