Strategi Kampanye Online Pemilihan Kepala Daerah Bupati Gunungkidul Tahun 2020 Pada Masa Pandemi COVID-19

Salma Nur Sofiyyah, Nasiwan Nasiwan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi kampanye online yang dilaksanakan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul Tahun 2020, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan kampanye online, dan menganalisis keunggulan strategi kampanye pemenang Pilkada Gunungkidul 2020. Penelitian ini merupakan penelitian studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive. Subjek penelitian ini yakni tim kampanya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Badan Pengawas Pemilhan Umum (Bawaslu) Gunungkidul, calon bupati atau wakil bupati terpilih. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik cross check. Analisis data dilakukan secara induktif melalui: reduksi data, kategorisasi dan unitisasi, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat pasangan calon menggunakan strategi kampanye online dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2020, hal ini karena bertepatan dengan pandemi COVID-19 sehingga produk kampanye dibuat menarik. Faktor penghambat kampanye online adalah sinyal belum merata, terdapat buzzer, terdapat pemilih yang berusia 50 tahun ke atas, terdapat masyarakat yang belum menggunakan media sosial karena tidak memiliki ponsel android, dan sasaran kampanye online terbatas untuk kalangan anak muda dan masyarakat terdidik. Keunggulan strategi kampanye yang dimiliki pemenang adalah adanya kolaborasi antara kampanye online dan offline.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.