Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap Kesadaran Tentang Hak Dan Kewajiban Warga Negara Di Sekolah Menegah Kejuruan

Tabriz Nadhiya, Suyato Suyato

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap kesadaran tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara bagi peserta didik di SMK Negeri 1 Jogonalan. Sehingga prestasi hasil belajar nanti bisa memprediksi kesadaran hak dan kewajiban warga negara pada peserta didik. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik convenience sampling. Ukuran sampel sebanyak 93 orang ditentukan dengan rumus Slovin. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan angket kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t, uji-f dengan taraf signifikansi α = 5% menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan prestasi hasil belajar mata pelajaran PPKn terhadap kesadaran hak dan kewajiban di SMK N 1 Jogonalan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Prestasi berpengaruh terhadap Kesadaran Hak dan Kewajiban. judul penelitian dan abstrak nya dipermudah dengan adanya kata-kata kunci tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.