PENYETARAAN PERANGKAT TES IPA SMP BERDASARKAN TEORI TES KLASIK DAN TEORI RESPONS BUTIR

Isnu Bima Saputra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Heri Retnawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan karakteristik butir perangkat tes IPA dengan berdasarkan parameter yang digunakan dalam penelitian ini; 2) Mengetahui hasil penyetaraan perangkat tes IPA dengan menggunakan teori tes klasik dan modern (teori respons butir); 3) Mengetahui perbedaan keakuratan hasil penyetaraan perangkat tes UNBK IPA SMP tahun 2016 dengan pendekatan teori tes klasik dan modern (teori respons butir).

Data yang digunakan adalah jawaban dari peserta tes UNBK IPA SMP tahun 2016 dengan total peserta sebanyak 16.765 dan terdapat 5 paket soal. Karakteristik butir dan penyetaraan tes dilakukan dengan pendekatan teori tes klasik dan teori respons butir. Pada pendekaran teori respons butir, analis data akan menggunakan model 3PL. Penyetaraan tes dengan teori tes klasik menggunakan 2 metode yaitu linear dan equipercentile, sedangkan dengan teori respons butir menggunakan metode mean-mean, mean-sigma, haebara, dan stocking-lord.

Pada pendekatan teori tes klasik dan teori respons butir, karakteristik butir UNBK IPA SMP se-DIY memiliki rata - rata tingkat kesukaran butir, daya beda, dan guessing berkategori baik. Penyetaraan tes menghasilkan skor konversi yang bervariasi terdapat skor konversi yang naik ataupun turun jika dibandingkan dengan skor awal. Sementara hasil penyetaraan tes metode haebara merupakan metode yang paling akurat dibandingkan metode lainnya.


Keywords


teori tes klasik; teori respons butir; UNBK IPA SMP se-DIY

References


Agus Santoso. (2018). Karakteristik Butir Tes Pengantar Statistika Sosial Berdasarkan Teori Respon Butir. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, VI (2), 158-168. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/download/23959/pdf.

Bandalos, D. L. (2018). Measurement Theory and Applications for the Social Sciences. New York: The Guilford Press.

Hambleton R.K, Swaminathan H., & Rogers H. J. (1991). Fundamentals of Item Respons Theory. Newbury Park: SAGE Publications.

Hidayati, Kana. (2005). Penerapan Teori Respons Butir Dalam Penyetaraan Tes. Makalah. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/11757/1/PM-15%20Kana%20UNY.pdf.

Kolen M. J., & Brennan R. L. (2014). Test Equating, Scaling, and Linking Methods and Practices. New York: Springer.

Lahner; FM., Schauber, S., Lorwald, A.C. et al. (2020). Measurement precision at the cut score in medical multiplechoice exams: Theory matters. Perspect Med Educ, 9:220–228. https://doi.org/10.1007/s40037-020-00586-0

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Retnawati, Heri. (2014). Teori respons butir dan penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.

Retnawati, Heri. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing. Tesis. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sa’idah, Nusrotus. (2012). Penyetaraan Horisontal Tes Ujian Sekolah Kimia SMA Di Provinsi Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Siregar, Nauli T. (2010). Penyetaraan Horisontal Tes UAS Bahasa Inggris Tingkat SMP di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumadi. (2005). Pengembangan alat ukur psikologis.

Yogyakarta : Andi Offset.

Wahyuni dan Kusrini. (2017) .Penerapan Computerized Adaptive Test Pada Tes Online Menggunakan Algoritma Teori Respon Butir Model 3 PL. METIK Jurnal Volume 1 No. 2. https://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/metik/article/view/29/27.

Wibawa, E. A. (2019). Karakteristik Butir Soal Tes Ujian Akhir Semester Hukum Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XVII, No. 1, 87-96.




DOI: https://doi.org/10.21831/jssd.v2i2.21895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Statistika dan Sains Data

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9649

Creative Commons LicenseJurnal Statistika dan Sains Data by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jssd is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 JSSD Statistics