KARAKTERISTIK PERANGKAT TES PRESTASI DAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR

Zulfa Amirul Mu'adzah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Heri Retnawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui karakteristik perangkat tes prestasi dan kemampuan siswa sekolah dasar berdasarkan teori respon butir. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui model yang paling cocok dengan perangkat tes dan prestasi siswa sekolah dasar berdasarkan teori respon butir; (2) Mengetahui karakteristik butir-butir soal yang dengan model yang paling cocok berdasarkan teori respon butir. Data penelitian berupa hasil pengerjaan sebanyak 329 siswa terhadap soal penilaian harian mata pelajaran Matematika di sekolah dasar. Peneliti menggunakan data sekunder berupa data dikotomi yang diperoleh dari suatu perguruan tinggi di Yogyakarta. Estimasi parameter butir dilakukan dengan menggunakan model paling cocok dengan data berdasarkan teori respon butir. Model yang digunakan adalah model Rasch, 1PL, 2PL, 3PL dan 4PL. Penelitian ini harus memenuhi beberapa asumsi yakni asumsi unidimensi, invariansi parameter, dan independensi lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang paling cocok dalam penelitian ini adalah model 2PL. Model tersebut merupakan model yang terbaik diantara model Rasch, 1PL, 3PL, dan 4PL untuk mengestimasi data perangkat tes prestasi dan kemampuan siswa sekolah dasar berdasarkan teori respon butir. Berdasarkan nilai daya beda (a) dan tingkat kesulitan (b) didapatkan 12 butir soal dengan kualitas baik dan 8 butir soal dengan kualitas kurang baik.


Keywords


butir soal; karakteristik perangkat tes; teori respon butir

References


Alfarisa, F., & Purnama, D.N. (2019). Analisis butir soal ulangan akhir semester mata pelajaran ekonomi sma menggunakan rasch model. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 11 No. 2 Tahun 2019.

Alifa, T.F., Ramalis, T.R., & Purwana, U., (2018). Karakteristik tes penalaran ilmiah siswa sma materi mekanika berdasarkan analisis tes teori respon butir. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika.

Allen, M.J., & Yen, W.M. (1989). Introduction to measurement theory. California: Brokes/Cole Publishing Company.

Amelia, R.N., & Kriswantoro, (2017). Implementasi item response theory sebagai basis analisis kualitas butir soal dan kemampuan kimia siswa kota yogyakarta. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), Vol 2, No 1, April 2017

Andayani, A., Purwanto, & Ramalis, T.R., (2019). Kajian implementasi teori respon butir dalam menganalisis instrumen tes materi fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0

Bagiyono, (2017). Analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soal ujian pelatihan radiografi tingkat 1. Pusdiklat – BATAN.

Hambleton, R.K., (1993). Principles and selected application of item response theory. In Linn. & Robert, L. (Eds.). Educational measurement. Third Edition. Phoenix: American Council on Education, Series on Higher Education Oryx Press.

Hambleton, R.K., Swaminathan, H. (1985). Item response theory. Boston, MA : Kluwer.

Hambleton, R.K., Swaminathan, H., dan Rogers, J. (1991). Fundamentals of item response theory. London: Sage Publications.

Harsana, F.N. (2024). Perbandingan analisis karakteristik butir soal literasi membaca dengan teori respon butir politomi. [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lord, F.M. (1990). Applications of item response theory to practical testing problems. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Mulvia, R., Ramalis, T.R., & Evendi, R., (2021). Mendeteksi keajegan butir tes dengan fungsi informasi. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 1 Januari 2021

Myszkowski, N. (2019). Development of the R library “jrt”: Automated item response theory procedures for judgment data and their application with the consensual assessment technique. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts.

Retnawati, H. (2014). Teori respons butir dan penerapannya: Untuk peneliti, praktisi pengukuran dan pengujian, mahasiswa pascasarjana. Yogyakarta: Nuha Medika.

Santoso, A. (2018). Karakteristik butir tes pengantar statistika sosial berdasarkan teori respon butir. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, VI (2), 2018, 158-168.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosakarya.

Sugiyono. (2010). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jssd.v2i2.21887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Statistika dan Sains Data

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9649

Creative Commons LicenseJurnal Statistika dan Sains Data by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jssd is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 JSSD Statistics