PERBANDINGAN KECOCOKAN MODEL ANALISIS TEORI RESPONS BUTIR PADA DATA POLITOMI

Ndaru Wicaksono Aji, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Heri Retnawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Perbandingan kecocokan model analisis teori respons butir politomi dilakukan supaya diperoleh model yang paling baik dan cocok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecocokan pada model Graded Response Model (GRM), Partial Credit Model (PCM), dan Generalized Partial Credit Model (GPCM) pada data politomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksproratif dengan pendekatan kuantitatif. Perbandingan kecocokan model dengan uji Yen’s Q1 dan melihat nilai Akaike Information Criterion (AIC) dan Bayesian Information Criterion (BIC). Data yang digunakan yaitu 851 data jawaban peserta tes terhadap 50 soal reading pilihan ganda yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris tahun 2021. Model dengan butir cocok paling banyak dan nilai AIC dan BIC terkecil dipilih paling cocok. Hasil penelitian ini adalah 1) model GRM sebanyak 5 butir yang cocok pada butir 1, 3, 4, 5, dan 6. 2) model PCM terdapat 4 butir yang cocok pada butir 3, 4, 5, dan 6. 3) model GPCM sebanyak 5 butir yang cocok pada butir 1, 3, 4, 5, dan 6. 4) model yang paling baik dan paling cocok untuk digunakan adalah GPCM karena berdasarkan uji kecocokan butir GPCM dan GRM mempunyai jumlah butir cocok sama, tetapi untuk nilai AIC dan BIC pada GPCM yang paling kecil sehingga GPCM terpilh sebagai model terbaik.

Keywords


tes kemampuan berbahasa Inggris, teori respons butir, politomi, reading, Yen’s Q1

Full Text:

PDF

References


Adiyo. (2014). Pengaruh Jumlah Kategori, Rentang Threshold dan Metode Estimasi Terhadap Akurasi Skor Tes Pada Beberapa Model Politomi. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 3, 691–729.

Auné, S. E., Juan, F., Abal, P., & Attorresi, H. F. (2020). A Psychometric Analysis from The Item Response Theory: Step-By-Step Modelling of A Loneliness Scale. Ciencias Psicológicas, 14(June), 1–15.

DeMars, C. (2010). Item Response Theory: Understanding Statistic Measurement. New York: Oxford University Press, Inc.

Desjardins, C. D., & Bulut, O. (2018). Handbook of Educational Measurement and Psychometrics Using R. New York: CRC Press.

Dewanti, S. S., Hadi, S., Nu’man, M., & Ibrahim. (2021). The Application of Item Response Theory in Analysis of Characteristics of Mathematical Literacy Test Items. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 20(1), 1226–1237.

Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, D. J. (1991). Fundamentals of Item Response Theory. California: SAGE Publications.

Kadir Abdul. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.

Linden, W. J. van der. (2016). Handbook of Item Response Theory: Statistical Tools. Florida: CRC Press.

Retnawati, H. (2014). Teori Respons Butir dan Penerapannya: Untuk Peneliti, Praktisi Pengukuran dan Pengujian, Mahasiswa Pascasarjana. Yogyakarta: Nuha Medika.

Saepuzaman, D., Istiyono, E., -, H., Retnawati, H., & -, Y. (2021). Analisis Estimasi Kemampuan Siswa Dengan Pendekatan Item Response Theory Penskoran Dikotomus Dan Politomus. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 4(1), 8–13.

Safaruddin, Anisa, & AF, M. S. (2012). Partial Credit Model ( PCM ) dalam Penskoran Politomi pada Teori Respon Butir. Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi, 9(1), 39–48.

Sudaryono. (2011). Implementasi Teori Responsi Butir (Item Response Theory) Pada Penilaian Hasil Belajar Akhir di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(6), 719–732.

Yen, W. M. (1981). Using Simulation Results to Choose a Latent Trait Model. Applied Psychological Measurement, 5(2), 245–262.

Zainal, M. A., Effendi, M., & Matore, E. M. (2020). a Rasch Model Analysis on Teachers’ Innovative Behaviour Psychometric Items. Journal of Mechanics of Continua and Mathematical Sciences, 15(8), 265–276.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Statistika dan Sains Data

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9649

Creative Commons LicenseJurnal Statistika dan Sains Data by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jssd is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 JSSD Statistics