PENGARUH PENERAPAN PRE-LECTURE QUIZ (PLQ) PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA N 1 KALASAN KELAS XI TAHUN AJARAN 2015/2016
A.K Prodjosantoso A.K Prodjosantoso, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
perbedaan motivasi dan prestasi belajar kimia siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan penerapan PLQ dengan siswa
yang mengikuti pembelajaran tanpa penerapan PLQ dengan
taraf signifikansi 5% di kelas XI SMA N 1 Kalasan tahun ajaran
2015/2016 jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara
statistikPenelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan
desain quasi experiment yakni Non-Equivalent Group Design
dengan satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 SMA N
1 Kalasan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 136 siswa
yang terbagi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini berjumlah
53 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen
yang melaksanakan pembelajaran dengan penerapan PLQ (A1)
dan kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran tanpa
penerapan PLQ (A2). Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa instrumen perlakuan dan instrumen
pengambilan data. Instrumen perlakuan meliputi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan soal PLQ untuk materi
asam basa, sedangkan instrumen pengambilan data meliputi soal
prestasi belajar kimia dan angket motivasi belajar kimia yang
diisi oleh peserta didik. Uji teknik analisis data untuk uji
persyaratan hipotesis digunakan uji normalitas dan homogenitas.
Pengujian hipotesis menggunakan uji Mankova.Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan motivasi
dan prestasi belajar kimia siswa antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol apabila data pengetahuan awal dikendalikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan PLQ
dapat dikatakan berpengaruh dalam upaya meningkatkan
motivasi prestasi belajar kimia siswa.
perbedaan motivasi dan prestasi belajar kimia siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan penerapan PLQ dengan siswa
yang mengikuti pembelajaran tanpa penerapan PLQ dengan
taraf signifikansi 5% di kelas XI SMA N 1 Kalasan tahun ajaran
2015/2016 jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara
statistikPenelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan
desain quasi experiment yakni Non-Equivalent Group Design
dengan satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 SMA N
1 Kalasan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 136 siswa
yang terbagi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini berjumlah
53 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen
yang melaksanakan pembelajaran dengan penerapan PLQ (A1)
dan kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran tanpa
penerapan PLQ (A2). Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa instrumen perlakuan dan instrumen
pengambilan data. Instrumen perlakuan meliputi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan soal PLQ untuk materi
asam basa, sedangkan instrumen pengambilan data meliputi soal
prestasi belajar kimia dan angket motivasi belajar kimia yang
diisi oleh peserta didik. Uji teknik analisis data untuk uji
persyaratan hipotesis digunakan uji normalitas dan homogenitas.
Pengujian hipotesis menggunakan uji Mankova.Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan motivasi
dan prestasi belajar kimia siswa antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol apabila data pengetahuan awal dikendalikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan PLQ
dapat dikatakan berpengaruh dalam upaya meningkatkan
motivasi prestasi belajar kimia siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v6i1.6172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia