EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017
A.K Prodjosantoso A.K Prodjosantoso, , Indonesia
Abstract
Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) telah dilakukan untuk menentukan peningkatan motivasi
peserta didik dan prestasi belajar kimia pada materi sistem periodik unsur di kelas
X SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian merupakan
bentuk penelitian eksperimental dengan semua peserta didik dari X IPA SMA
Negeri 2 Yogyakarta sebagai populasi dan kelas sampel adalah XMIIA 2 sebagai
kelas eksperimen dan XMIIA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen
diterapkan model pembelajaran kooperatif NHT, sementara kelas kontrol
diterapkan model ekspositori dan tanya jawab. Analisis data yang digunakan
adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t sama subjek, uji t beda subjek dan
anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada peningkatan motivasi
belajar kimia peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model NHT
(2) Ada perbedaan peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik yang
mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran NHT dengan
pembelajaran dengan model ekspositori dan tanya jawab (3) Ada perbedaan
peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang
mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran NHT dengan
pembelajaran dengan model ekspositori dan tanya jawab
Heads Together (NHT) telah dilakukan untuk menentukan peningkatan motivasi
peserta didik dan prestasi belajar kimia pada materi sistem periodik unsur di kelas
X SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian merupakan
bentuk penelitian eksperimental dengan semua peserta didik dari X IPA SMA
Negeri 2 Yogyakarta sebagai populasi dan kelas sampel adalah XMIIA 2 sebagai
kelas eksperimen dan XMIIA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen
diterapkan model pembelajaran kooperatif NHT, sementara kelas kontrol
diterapkan model ekspositori dan tanya jawab. Analisis data yang digunakan
adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t sama subjek, uji t beda subjek dan
anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada peningkatan motivasi
belajar kimia peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model NHT
(2) Ada perbedaan peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik yang
mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran NHT dengan
pembelajaran dengan model ekspositori dan tanya jawab (3) Ada perbedaan
peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang
mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran NHT dengan
pembelajaran dengan model ekspositori dan tanya jawab
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v6i1.6171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia