PENGEMBANGAN MIND-MAP-BOOK IKATAN KIMIA UNTUK MEMBANGUN KONSEP AWAL MELALUI BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA

Suryanto Suryanto, , Indonesia
Heru Pratomo Al, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan mind-map-book ikatan
kimia untuk membangun konsep awal melalui belajar mandiri siswa SMA/MA
dan menentukan kualitas produk yang telah dikembangkan. Model pengembangan
yang digunakan adalah model ADDIE, yang diadaptasi menjadi 4 tahap dari 5
tahap yang ada. Produk awal media diberi masukan oleh dosen pembimbing, peer
reviewer, ahli materi, dan ahli media, untuk selanjutnya dilakukan revisi.
Instrumen penilaian kualitas produk berupa angket berisi 5 aspek, yang dijabarkan
dalam 27 indikator penilaian. Kualitas produk ditentukan berdasarkan penilaian
oleh 5 guru kimia di Kabupaten Bantul. Produk mind-map-book ikatan kimia
untuk membangun konsep awal melalui belajar mandiri siswa SMA/MA
mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata (X
􀴥
) 112,2 dari skor
maksimal 135. Skor tersebut berada pada kriteria sangat baik, yaitu X
􀴥
> 110,4.
Oleh karena itu, produk ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v6i1.6169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia